cool hit counter

PDM Kota Gorontalo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Gorontalo
.: Home > Berita > PDM Gorontalo Dirikan Pondok Pesantren 'At-Tanwir'

Homepage

PDM Gorontalo Dirikan Pondok Pesantren 'At-Tanwir'

Selasa, 22-12-2014
Dibaca: 1626

Tabligh Akbar oleh Ketua PDM Kota Gorontalo Dr. H. Arfan A. Tilome, M.HI dalam acara Kuliah Ba’da Subuh yang dirangkaikan dengan Pendirian Pondok Pesantren At-Tanwir Muhammadiyah Kota Gorontalo

 

GORONTALO-Dalam rangka pencapaian tujuan Pendidikan Muhammadiyah yakni membentuk manusia muslim yang beriman, berakhlak mulia, cakap, percaya diri, cinta tanah air, mewujudkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo mencanangkan pendirian Pondok Pesantren At-Tanwir Muhammadiyah Kota Gorontalo, yang dirangkaikan dengan Kuliah Ba’da Subuh Ahad 21/12/2014 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Kota Gorontalo. Turut hadir dalam acara tersebut unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Aisyiah dan pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Gorontalo bersama ortomnya serta perwakilan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo.

Ketua PDM Kota Gorontalo Dr. H. Arfan A. Tilome, M.HI dalam Tablighnya menjelaskan bahwa pendirian Pondok Pesantren Muhammadiyah memiliki peran yang strategis dalam mencetak anak didik yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menjadi ahli ilmu agama Islam(mutafaqqih fiddin), sekaligus menjadi kader Muhammadiyah yang unggul. Lebih jauh Arfan menjelaskan bahwa dengan visi terwujudnya lembaga pendidikan bermutu dalam membentuk kader umat dan kader persyarikatan yang berlandaskan al-Quran dan As-Sunnah, maka kompetensi yang akan dikembangkan dalam Pondok Pesantren At-Tanwir Muhammadiyah Kota Gorontalo di antaranya adalah pendalaman ajaran agama Islam, Keterampilan Berbahasa Arab dan Inggris, Keterampilan membaca Kitab Kuning dan keterampilan Menghafal Al-Quran minimal 10 Juz. Oleh karena itu dia menghapkan dukungan moril maupun materil dari seluruh Warga Muhammadiyah dan simpatisan serta pemerintah dalam pembangunan lembaga tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pondok Pesantren ini merupakan model Pesantren yang menyelenggarakan sekolah umum atau yang dikemanl dengan Sekolah Berbasis Pesantren (SBP), dimana proses belajar mengajar memadukan antara pembelajaran sekolah dan pembelajaran pesantren. Dan untuk penyelenggaraannya SMP Muhammadiyah 1 Kota Gorontalo yang dijadikan sebagai SMP berbasis Pesantren yang akan di mulai pada Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan di pilihnya nama At-Tanwir (pencerahan) sebagai nama Pondok Pesantren maka diharapkan pondok pesantren ini mampu memberikan pencerahan terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo ujarnya.

Acara tersebut diakhiri dengan peletakan batu pertama pembangunan asrama, dapur umum dan kamar mandi siswa oleh tokoh Muhammadiyah K.H. Ahsan Salilama, M.Pd yang didampingi oleh Ketua PWM Gorontalo Dr. H. Lukman Arsyad, M.Pd, Ketua PW Aisyiyah Gorontalo Prof. Dr. Hj. Moon H. Otoluwa, M.Hum, Pengurus PDM Kota Gorontalo, Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Dr. H. Arfan A, Tilome, M.HI, Dr. H. Sabara K Ngou, M.Pd dan unsur majelis Dikdasmen Drs. Kisman Rauf dan Mahmud Gobel, M.Pd. dan disaksikan oleh seluruh Jamaah Kuliah Ba’da Subuh.(paman.gobel)


Tags: muhammadiyah, muhammadiyahgorontalo, pondokpesantren
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website